Sekilas Tentang John Legend

Sekilas Tentang John Legend – John Roger Stephens, yang dikenal secara profesional sebagai John Legend, adalah penyanyi, penulis lagu, dan musisi Amerika. Dia terkenal karena albumnya, seperti ‘Once Again’ dan ‘Darkness and Light’. Lahir di Springfield, Ohio, Amerika Serikat, Legend menunjukkan minat yang besar pada musik sejak usia dini. Dia mulai tampil untuk paduan suara gerejanya pada usia empat tahun. Sejak usia tujuh tahun, dia mulai bermain piano. Selama di perguruan tinggi, ia menjabat sebagai presiden dan direktur musik untuk grup musik bernama ‘Counterparts’. Setelah merilis banyak album studio, Legend telah berkolaborasi dengan orang-orang seperti Kanye West, Britney Spears, dan Lauryn Hill. Pada tahun 2015, ia memenangkan ‘Oscar’ untuk lagu ‘Glory’, yang ia tulis untuk film sejarah ‘Selma’. Ia juga memenangkan beberapa penghargaan penting lainnya, yang meliputi sepuluh penghargaan ‘Grammy’, serta ‘Golden Globe Award’. Dia juga seorang aktor dan telah muncul di film ‘La La Land’, yang menjadi hit besar, memenangkan enam’ Oscar. ‘Dia dikenal karena kegiatan filantropisnya, seperti meningkatkan kesadaran untuk membantu para korban ‘Hurricane Katrina’.

Fakta Singkat

  • Tanggal Lahir: 28 Desember 1978
  • Kebangsaan: Amerika
  • Tanda Matahari: Capricorn
  • Juga Dikenal Sebagai: John Roger Stephens
  • Lahir di: Springfield, Ohio, Amerika Serikat
  • Terkenal Sebagai: Penyanyi
  • Tinggi: 5’9 “(175 cm),
  • Pasangan: Chrissy Teigen
  • Ayah: Ronald Stephens
  • Ibu: Phyllis Stephens
  • Saudara: Vaughn Anthony Stephens

Masa Kecil & Kehidupan Awal

John Roger Stephens lahir pada 28 Desember 1978, di Springfield, Ohio, Amerika Serikat, dari pasangan Ronald Lamar Stephens dan Phyllis Elaine. Tertarik pada musik sejak usia dini, dia mulai bernyanyi untuk paduan suara gereja ketika dia berusia empat tahun. Ia juga belajar bermain piano dari neneknya.

Dia belajar di rumah selama beberapa tahun, setelah itu dia masuk ke ‘North High School’. Belakangan, meskipun ditawari masuk ke ‘Harvard University’ dan beasiswa dari ‘Georgetown University’ dan ‘Morehouse College,’ dia melanjutkan ke ‘University of Pennsylvania’.

Di sana, ia menjabat sebagai presiden dan direktur musik untuk grup acapela pop A bernama ‘Counterparts’. Karena keterampilannya yang luar biasa, ia juga menjadi anggota masyarakat bergengsi, seperti ‘Sphinx Senior Society’ dan ‘Onyx Senior Honor Society’.

Saat masih kuliah, dia dikenalkan dengan Lauryn Hill. Selanjutnya, dia dipekerjakan untuk mengerjakan lagu ‘Everything Is Everything’ dari albumnya, ‘The Miseducation of Lauryn Hill’.

Karier

Selama hari-hari awal karirnya, John Roger Stephens biasa tampil di klub malam, serta mengadakan pertunjukan di seluruh negeri. Ia juga berkolaborasi dengan musisi bintang, seperti Alicia Keys dan Kanye West.

Album debutnya ‘Get Lifted’ dirilis pada tahun 2004. Dengan single hit, seperti ‘Ordinary People’, ‘Number One’, dan ‘So High’, album ini tampil dengan baik, memuncak pada nomor tujuh di ‘Billboard 200’. Itu menerima sebagian besar ulasan positif dan memenangkan ‘Grammy Award’ 2006 untuk ‘Album R&B Terbaik’.

Secara bertahap, Stephens mulai mendapatkan popularitas dan terus tampil di beberapa album penting dari bintang-bintang populer, seperti Fort Minor, Jay-Z, dan Stephen Colbert. Selama waktu inilah dia kemudian dikenal sebagai John Legend.

Pada tahun 2006, album studio keduanya ‘Once Again’ dirilis. Debut di nomor tiga di ‘US Billboard 200’, album ini menjadi hit besar. Lagu hitnya ‘Heaven’ memenangkan Legend ‘Grammy Award’ keduanya untuk ‘Penampilan Vokal R&B Pria Terbaik’.

Album berikutnya ‘Evolver’, yang dirilis pada 2008, bahkan lebih sukses. Debut di posisi keempat di ‘US Billboard 200’, album ini terjual lebih dari 600.000 kopi di AS saja. Dua tahun kemudian, dia berkolaborasi dengan band hip hop ‘The Roots,’ dan merilis album ‘Wake up!’ Album ini memenangkan ‘Grammy Award’ 2010 untuk ‘Album R&B Terbaik.’

Pada tahun 2013, ia merilis album keempatnya, ‘Love in the Future’. Memuncak di posisi keempat di ‘US Billboard 200’, album itu sukses besar, menjual 68.000 kopi dalam minggu pertama peluncurannya. Pada 2015, ia memenangkan ‘Oscar’ untuk lagu ‘Glory’, yang ia bawakan bersama rapper Lonnie Rashid Lynn untuk film ‘Selma’.

Album kelimanya ‘Darkness and Light’ dirilis pada 2016. Pada tahun yang sama, ia juga memainkan peran penting dalam film pemenang Oscar ‘La La Land.’

Legend dan Ariana Grande tampil duet untuk film ‘Beauty and the Beast’ pada tahun 2017.

Dia berperan dalam film animasi pendek berjudul ‘Crow: The Legend’ pada April 2017.

Pada 19 Desember 2017, diumumkan bahwa John Legend telah berperan dalam produksi konser langsung ‘Jesus Christ Superstar’ di ‘Marcy Avenue Armory’ di Williamsburg, Brooklyn. ‘Jesus Christ Superstar’ disiarkan langsung di ‘NBC’ pada April 2018.

Legend adalah winning coach untuk musim 2019 ‘The Voice’. Dia memenangkan reality show bersama Maelyn Jarmon pada 21 Mei 2019.

Pekerjaan Utama

‘Wake Up’, sebuah album studio oleh John Legend, di mana dia berkolaborasi dengan band hip hop ‘The Roots,’ adalah salah satu karyanya yang paling signifikan dan sukses. Debut di posisi kedelapan di ‘US Billboard 200’, album ini terjual 63.000 kopi dalam minggu pertama dan kemudian memenangkan ‘Grammy Award’ 2010 untuk ‘Album R&B Terbaik.’ Album ini menerima sebagian besar ulasan positif dari para kritikus.

‘Love in the Future’, yang dirilis pada 2013, juga merupakan salah satu karya penting John Legend. Album, yang termasuk single, seperti ‘Open Your Eyes’, ‘All Of Me’, dan ‘Dreams’, memulai debutnya di posisi keempat di ‘US Billboard 200’. Ini menjadi hit di beberapa negara dan menduduki puncak tangga lagu di Inggris, Belanda, Afrika Selatan, dan Selandia Baru. Sebagian besar menerima ulasan positif.

Lagu ‘Glory’, yang dirilis pada tahun 2014, dapat dianggap sebagai karya Legend yang paling signifikan dan mendapat banyak pujian. Itu dilakukan oleh Legend bekerja sama dengan rapper Lonnie Rashid Lynn. Ini berfungsi sebagai lagu tema dari film drama sejarah 2014 ‘Selma’. Lagu ini memulai debutnya di nomor 49 di ‘US Billboard Hot 100’. Lagu ini juga menjadi populer di negara-negara, seperti Spanyol, Belgia, dan Australia. Lagu tersebut, yang memenangkan beberapa penghargaan, juga membuat Legend mendapatkan ‘Oscar’ di ‘Academy Awards’ ke-87.

‘Darkness & Light’ adalah album studio kelima John Legend. Dengan single, seperti ‘Love Me Now’, dan ‘I Know Better’, album debut di nomor 14 di ‘US Billboard 200’. Album ini terjual 26.000 kopi dalam minggu pertama peluncurannya.

Sekilas Tentang John Legend

Penghargaan & Prestasi

John Legend, selama karirnya, telah dinominasikan untuk sejumlah penghargaan. Pada 2015, ia memenangkan ‘Oscar’ untuk ‘Lagu Asli Terbaik’ untuk lagu hitnya ‘Glory,’ yang dirilis tahun sebelumnya. Dia telah memenangkan banyak penghargaan bergengsi, seperti ‘Grammy Award’, ‘NAACP Image Award’, ‘Soul Train Award’, dan ‘Golden Globe Award’.

Kehidupan pribadi

John Legend berkencan dengan Chrissy Teigen selama empat tahun sebelum bertunangan dengannya pada 2011. Mereka menikah pada 2013. Mereka memiliki anak pertama pada 2016, seorang putri yang mereka beri nama Luna Simone.

Lagu ‘All of Me’ (2013) didedikasikan untuk istrinya dan video musiknya ditampilkan di pernikahan mereka.

Pada 21 November 2017, Teigen mengumumkan di Instagram bahwa dia hamil anak kedua Legend. Pada Mei 2018, mereka menyambut bayi laki-laki mereka yang mereka beri nama Miles.

Ia juga terlibat dalam beberapa kegiatan sosial dan kegiatan amal. Dia mendukung berbagai organisasi dan tujuan, seperti organisasi yang berbasis di New York ‘Harlem Village Academies’ yang menjalankan beberapa sekolah piagam.

Pada 2017, Legend menyumbangkan $ 500.000 ke ‘Distrik Sekolah Kota Springfield’ untuk merenovasi auditorium, yang dinamai untuk menghormatinya.

Antonio Prescott

Back to top